feedburner
Masukan alamat email anda disini (Put your email address here):

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Penulis merupakan seorang mahasiswa yang (masih) terdaftar pada jurusan Ilmu Adm. Fiskal FISIP UI yang rencananya akan secepatnya melakukan sidang skripsi untuk menyelesaikan masa studinya disana (Doakan saya yah bisa cepat selesai kuliah dan juga dapat cepat memperoleh pekerjaan agar tidak menambah jumlah pengangguran di Indonesia tercinta ini.....) Regards,

Using my article

Buat kalian yang ingin memuat atau meng copy-paste article yang ada dalam blog ini mohon mencantumkan sumber asal dari blog ini dan harap menghubungi saya. article ini gratis untuk anda publikasikan akan tetapi mohon cantumkan sumbernya dan berikan link ke blog ini.

Thanks

Wirahman

About Web Based Game Scripting

Labels: ,

Hmm......

Pernah denger game-game web based seperti Duels, Travian, Runescape, Thecrims, Ikariam, dll...???

Tau ngak sih, kalau rata-rata web based game itu bisa dipermudah cara memainkannya?

Kalau di Game PC yang bukan berbasis web kan pada umumnya menggunakan third party macam trainer atau memory editor kaya TSearch, ArtMoney, Cheat Engine, dll yang mudah dicari di internet.

Nah, buat yang memainkan web based game ternyata juga ada cara untuk memudahkan permainan tersebut. Biasanya orang melakukannya dengan menambahkan (meng-inject) script tertentu kedalam suatu game melalui cara tertentu (cara ini saya jelaskan nanti). Tapi berbeda dengan TSearch, ArtMoney, atau CheatEngine, metode ini pada umumnya hanya mempermudah anda dalam bermain saja tidak memberikan jalan pintas seperti unlimited money, ammo, resources, dll seperti yang ditawarkan dalam Trainer maupun Memory Editor. Pada umumnya penambahan script ini hanya akan mempermudah tampilan yang ada dalam suatu game seperti menambahkan shortcut atau autoclick dalam sebuah game.

Mengenai legalitas dalam penggunaan metode ini tergantung dari script yang digunakan. Ada script yang legal dan ada juga yang ilegal. Definisi dari legal dan ilegal ini tergantung dari ToS (Terms of Services) yang dikeluarkan oleh developer game yang bersangkutan. Jadi sebelum menggunakan metode ini silahkan cek terlebih ToS yang berlaku dalam game tersebut.

Mengenai cara yang paling mudah menurut saya sebagai orang awam yang juga tidak mengerti mengenai scripting (huehehehehe, sok tau banget sepertinya saya ini) adalah dengan menggunakan browser Mozilla Firefox (Hidup Firefox...!!!) yang dilengkapi dengan Add-on GreaseMonkey. Untuk instalasi Mozilla Firefox saya asumsikan anda sudah mengerti. (Masa hari gini masih ada yang ngak tau cara install pake wizard sih...?? kalau anda belum punya programnya silahkan unduh di http://www.mozilla.com). Sedangkan untuk menginstall Add-on GreaseMonkey hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengunduhnya ke aplikasi Firefox yang anda miliki.

Instalasi GreaseMonkey:

  1. Jalankan Firefox yang anda miliki.
  2. Pilih Tools à Add-on
  3. Pilih Get Extensions
  4. Cari GreaseMonkey dalam kolom pencarian yang telah disediakan
  5. lalu install greasemonkey ke dalam Firefox anda (secara otomatis akan terinstall ke Firefox apabila anda memilih install)
  6. Restart Firefox anda (bukan restart komputer ya, tapi Firefoxnya aja, matiin terus nyalain lagi)

Selesai sudah instalasi GreaseMonkey ke dalam Firefox anda, langkah selanjutnya adalah mencari script yang sesuai dengan web based game yang anda mainkan. Dalam pencarian script ini harap berhati-hati karena tidak semua script yang anda dapatkan di internet aman untuk anda pakai (maksud saya aman adalah tidak terdapat script yang dapat membocorkan data pribadi anda selagi anda memakainya, atau hal-hal lain yang dapat merugikan anda). Biasanya saya menggunakan script yang terdapat di userscript.org disana terdapat cukup banyak script yang relatif aman untuk dipakai. Apabila anda mahir dalam menggunakan script maka anda juga dapat memodifikasi atau bahkan membuat script anda sendiri sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Instalasi script ini juga relatif mudah, anda hanya perlu mengklik install script saja pada script yang anda inginkan dan secara otomatis Firefox akan melakukan instalasi script yang anda minta.

Selanjutnya silahkan anda membuka alamat web based game yang biasa anda mainkan dan lihatlah perubahan yang dilakukan script terhadap tampilan dari web based game yang anda mainkan. Mudah bukan? Saran saya untuk mencari script-scipt game lainnya anda dapat mengandalkan Google untuk melakukan pencarian. Akan tetapi tetap waspada terhadap script-script mencurigakan yang dapat merugikan anda.

Sekali lagi, Just my Opinion,

Regards,

Perhatian: penulis memberikan informasi ini untuk kepentingan pengetahuan semata. Seluruh tindakan dan dampak yang ditimbulkan sepenuhnya bukan tanggung jawab dari penulis. Please do it at your own risk.

Keywords: Scripting, GreaseMonkey, Firefox, Web Based Game, Webgame, Userscript.





4 comments:
gravatar
Ardiandy Pradiptya Suryadi mengatakan...
24 Juli, 2008 11:17  

wadaw,,,,
gw pikir isinya ttg pajak semua har,,
ternyata,,,,
ada game nya jg...
hahaha.....

klo soal yg "itu",,,
ada jg ga har?!
wekekekeke...

gravatar
wirahman mengatakan...
24 Juli, 2008 19:51  

tadinya gw juga mau pajak semua, tapi cape juga gw maintainnya, pusing, ini kan gw bikin sendiri bukan copas.

huehehehehe.... itu mah cari aja di forum dit, banyak, melimpah, wakakakakaka

gravatar
Anonim mengatakan...
11 September, 2008 20:22  

aman ga sih script itu klo gw install???
emang dgn script doank bisa ngehack kompi org gitu??
klo emank iya script yang aman yg seperti apa?

gravatar
wirahman mengatakan...
17 September, 2008 00:22  

tergantung ada yang aman ada yang ngak... makanya mas kalo mau make script lebih baik dari situs yang terpercaya, misalnya dari situs www.userscript.org, disitus itu ada yang ngasih testi tentang script tersebut, jadi kita orang awam bisa tau script ini kira2 bermasalah atau ngak.

kalo sampe ngehack kompi orang mah, ngak tau juga saya, saya tau script cuman sebatas buat maen webbased game aja, karena emang saya ngak mendalami ilmu yang satu ini, just for fun aja.

begitu.....

Posting Komentar